Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Dorong Semua Kelurahan Jalankan STBM

Sudutkota.id- Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mendorong semua kelurahan di Kota Malang menjalankan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pasalnya, di Kota Malang, baru tiga kelurahan yang menjalankan program itu, yakni Kelurahan Arjowinangun, Kelurahan Lesanpuro dan Kelurahan Balearjosari.

Wahyu, mendorong kepada seluruh pihak yang terlibat untuk terus meningkatkan kinerja dan tetap meningkatkan program agar seluruh kelurahan di Kota Malang menjalankan program nasional itu. 

“Saya berharap Dinas Kesehatan Kota Malang tetap meningkatkan program agar seluruh kelurahan di Kota Malang menjadi kelurahan STBM,” ujarnya saat acara Monev Implementasi STBM 5 Pilar Berkelanjutan di Ascent Hotel Malang, Selasa (14/11).

Wahyu menuturkan, dengan menjalankan kriteria menuju STBM, maka yang yang harus dilakukan adalah, seperti terbebas dari kasus buang air besar sembarangan (BABS).

Selain itu, masyarakatnya juga mempunyai budaya mencuci tangan pakai sabun (CTPS), ada pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga (PAM-RT).

“Ada juga sistem pengelolaan sampah rumah tangga, serta pengelolaan limbah cair rumah tangga dan sanitasi,” paparnya. 

Ia juga menjelaskan, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah melalui program nasional STBM ini.

Wahyu juga menekankan, meskipun Kota Malang dinyatakan sudah bebas dari kasus BABS sejak 2019 lalu, namun ia tetap berharap seluruh kelurahan di Kota Malang dapat segera menjadi Kelurahan STBM.

Hal ini, menurut Wahyu, penting untuk wujudkan bersama menuju deklarasi STBM Kota Malang dengan tujuannya bukan hanya untuk sanitasi yang lebih baik saja, tetapi juga mewujudkan zero stunting. 

” Tujuan lain juga ntuk mewujudkan zero stunting dan menekan munculnya penyakit-penyakit di masyarakat,” tegasnya. 

Wahyu juga mengimbau, sinergitas lintas sektor juga harus terus dikuatkan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat termasuk kaitannya dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. 

“Untuk itu, saya berharap evaluasi kali ini mampu memberikan hasil yang terbaik bagi pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan khususnya STBM,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Wahyu juga menyerahkan sertifikat STBM 5 pilar kepada tiga kelurahan. (pro/mm)

Baca Juga ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

Populer

Berita Lainya
Related

Korlantas Polri Sebut Angka Kecelakaan Menurun di Mudik Lebaran 2024

Sudutkota.id- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut angka kecelakaan...

DPR AS Ajukan Paket Bantuan Ukraina dan Israel Senilai $95 Miliar ke Senat

Sudutkota.id- Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Sabtu (20/4) ...

Media Asing Soroti Letusan Petir Saat Gunung Ruang Erupsi

Sudutkota.id- Media asing Reuters menyoroti erupsi Gunung Ruang yang...

Polres Malang dan TNI Gelar Patroli Bersama, Demi Tingkatkan Keamanan Pasca Libur Lebaran

Sudutkota.id- Polres Malang dan TNI gelar patroli bersama,...