Outing Class, SDN 2 Candirenggo Berkunjung ke BBIB Singosari Kenalkan Lingkungan Peternakan

0
Kegiatan siswa-siswi SDN 2 Candirenggo saat belajar outing class di BBIB Singosari. (foto: istimewa)
Advertisement

Sudutkota.id- Para siswa-siswi SDN 2 Candirenggo melakukan outing class dengan berkunjung ke BBIB (Balai Besar Inseminasi Buatan) Singosari, Kabupaten Malang dalam rangka pengenalan lingkungan peternakan pada Selasa (04/06) kemarin.

Dipilihnya BBIB Singosari tak lain adalah karena tempatnya yang luas, juga sangat lengkap untuk sarana belajar bagi anak-anak.

Demikian dikatakan oleh kepala Sekolah SDN 2 Candirenggo, Dewi kepada media ini, Kamis (06/06/2024)

“Program outing class adalah salah satu implementasi kurikulum merdeka belajar, yang memberikan banyak manfaat kepada siswa yg saat ini era digital ini. Dengan kegiatan outing class akan memberikan bukti nyata terhadap apa yang mereka lihat, dengar dan pelajari saat di kelas. Nah dipilih BBIB ini karena fasilitasnya sangat lengkap. Apalagi tempatnya tak jauh dari sekolah. Tentu ini sangat efisien,” ujarnya.

Siswa-siswi SDN 2 Candirenggo saat melihat langsung peternakan di BBIB Singosari. (foto: istimewa)

Menurut Dewi, Program Outing class adalah media yang efektif dan efisien dalam menunjukan kebenaran, dari apa yang telah mereka pelajari di kelas dan sebagai sarana penyampaian ilmu pengetahuan.

“Jadi, pembelajaran bukan dari teori saja tetapi juga kebenaran dan bukti nyata di lapangan. Tujuan program Outing Class adalah mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya. Outing Class merupakan satu di antara proses pembelajaran yang inovatif, nyata, dan relevan dengan tuntutan zaman. Pembelajaran yang diawali dengan kajian teoritis hingga pada akhirnya disajikan pada kenyataan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Anna selaku koodinator program menambahkan, outing class juga sangat efektif dalam memberikan efek psikologi yang baik bagi anak diusia dini.

“Dimana sikap humanis, pengendalian emosional, peningkatan minat belajar lebih baik, meningkatkan kreativitas dan banyak lagi manfaat yang didapat,” terangnya.

Ia pun menyampaikan, dalam kegiatan outing class itu diikuti siswa-siswi berjumlah 210.

“Yang mana itu dari kelas 1 hingga kelas 5,” pungkasnya. (Dy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here