Nasional

Strategi Digital Jasa Marga Ubah Cara Pandang Keselamatan Berkendara Lewat Kampanye Mobile Inovatif

137
×

Strategi Digital Jasa Marga Ubah Cara Pandang Keselamatan Berkendara Lewat Kampanye Mobile Inovatif

Share this article
Strategi Digital Jasa Marga Ubah Cara Pandang Keselamatan Berkendara Lewat Kampanye Mobile Inovatif
Direktur Utama Jasa Marga, Rivan A. Purwantono.

Sudutkota.id — Di tengah tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menunjukkan komitmen nyata untuk menciptakan budaya berkendara yang lebih aman melalui pendekatan digital yang inovatif.

Kampanye keselamatan bertajuk “The Accident in a Blink”, yang diluncurkan secara khusus untuk platform mobile, menjadi salah satu inisiatif strategis yang berhasil mengubah cara penyampaian pesan keselamatan kepada masyarakat pengguna jalan tol.

Melalui pendekatan berbasis teknologi dan perilaku digital pengguna, Jasa Marga mampu menjangkau jutaan audiens dengan cara yang lebih efektif dan kontekstual.

Kampanye ini memanfaatkan storytelling visual yang memukau, didukung oleh data perilaku pengguna smartphone, untuk menyampaikan pesan penting, kecelakaan bisa terjadi dalam sekejap mata jika pengemudi kehilangan fokus, terutama saat menggunakan ponsel di jalan.

Keberhasilan kampanye ini tidak hanya diukur dari jangkauan digital, namun juga dari dampak nyata terhadap perubahan perilaku pengguna jalan. Hal ini mendapat pengakuan internasional saat Jasa Marga meraih penghargaan Gold untuk kategori Most Innovative Mobile Marketing Campaign dalam ajang NEXT Awards Indonesia 2025, yang diselenggarakan oleh MARKETECH APAC di Jakarta pada, Kamis (18/9/2025).

Direktur Utama Jasa Marga, Rivan A. Purwantono, menegaskan bahwa inovasi digital bukan sekadar pelengkap layanan, tetapi menjadi bagian dari strategi besar perusahaan dalam membangun konektivitas yang berkelanjutan dan aman.

“Kami melihat bahwa perubahan budaya berkendara harus dimulai dari pemahaman yang kuat dan cara komunikasi yang relevan. Teknologi digital memberi peluang besar untuk menjangkau masyarakat secara personal, terutama generasi muda yang sangat lekat dengan perangkat mobile,” ujar Rivan, Sabtu (20/9/2025).

Kampanye ini merupakan hasil kolaborasi antara Jasa Marga dengan dua agensi kreatif, yakni i-Dac Indonesia dan Hakuhodo Jakarta. Keduanya dinilai berhasil menerjemahkan isu keselamatan berkendara menjadi narasi kampanye yang kuat dan beresonansi dengan kehidupan sehari-hari pengguna jalan.

Menurut CEO & Founder MARKETECH APAC, Joven Barcenas, kampanye Jasa Marga menjadi contoh terbaik bagaimana perusahaan utilitas publik dapat menjadi pelopor inovasi di sektor komunikasi pemasaran digital.

“NEXT Awards hadir untuk merayakan kreativitas yang berdampak. Jasa Marga menunjukkan bahwa teknologi bisa digunakan untuk kebaikan sosial, bukan sekadar pemasaran,” ujar Joven.

Tidak hanya berhenti di ranah digital, Jasa Marga juga aktif dalam peringatan Hari Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nasional yang jatuh pada 19 September.

Dalam kegiatan tersebut, perusahaan mendorong kolaborasi lintas sektor bersama Kementerian Perhubungan, Kepolisian RI, serta masyarakat luas untuk membentuk ekosistem lalu lintas yang lebih aman dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *