Sudutkota.id– Selama periode libur Iduladha 1446H/2025 Jasa Marga memberikan pelayanan optimal untuk 1,5 juta kendaraan.
Pelayanan operasional di seluruh ruas tol Jasa Marga Group dipastikan mendapat pelayanan dengan baik.
Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga, Rivan A. Purwantono dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Rabu (11/06/2025).
“Beragam upaya dilakukan Perseroan untuk memberikan perjalanan yang aman, nyaman dan lancar kepada pengguna jalan tol, seperti penambahan jumlah petugas dan mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi di gerbang tol utam, serta mengoptimalkan layanan preservasi atau pemeliharaan jalan sehingga kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik,” ungkapnya.
Selain itu, Jasa Marga juga memberikan stimulus diskon tarif tol sebesar 20 persen selama libur Iduladha 1446H/2025 tanggal 6 s.d 9 Juni 2025 di 10 ruas tol strategis pada Jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra.
“Untuk meringankan beban perjalanan bagi para pengguna jalan tol, sehingga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjut Rivan.
Kemudian Rivan juga memaparkan, Jasa Marga telah mencatat sebanyak 1.543.804 kendaraan meninggalkan dan memasuki wilayah Jabotabek pada H-1 sampai dengan H+3 Libur Iduladha 1446H/2025.
“Angka tersebut merupakan total angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa, GT Ciawi, GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama,” jelasnya.
Selanjutnya, Rivan menuturkan, total volume lalin yang meninggalkan dan memasuki wilayah Jabotabek ini meningkat 16,5 persen jika dibandingkan lalin normal (1.324.590 kendaraan). Jika dibandingkan dengan periode Iduladha 1445H/2024, total volume lalin ini meningkat 3,4 persen (1.493.471 kendaraan).
“Untuk lalu lintas meninggalkan Jabotabek pada Iduladha 1446H/2025 mencatat sebanyak 775.667 juta kendaraan. Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 17,2 persen jika dibandingkan lalin normal 661.565 kendaraan,” bebernya.
Terakhir, Rivan menambahkan bahwa ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kerja sama yang diberikan, khususnya dalam mematuhi aturan dan arahan petugas di lapangan, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap kelancaran pelaksanaan arus lalin selama periode libur Iduladha 1446H/2025.
“Jasa Marga akan terus menyiapkan strategi operasional dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol milik Jasa Marga Group sebagai upaya untuk menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi termasuk meningkatkan kualitas layanan operasional dengan memperhatikan semua sisi fasilitas guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pengendara,” pungkasnya. (ama)